Manfaat Bawang Hitam

Siapa yang tidak kenal dengan kegunaaan bawang hitam yang sangat tidak sedikit terutama bagi kesehatan sebagai obat herbal. Bawang hitam telah sangat terkenal alias terkenal di kalangan masyarakat, tetapi tidak tidak sedikit yang tahu mengenai asal usul bawang hitam ini.

Bawang hitam alias magic black garlic adalah bawang putih yang diproses dengan alamiah pada suhu tertentu dalam waktu yang lama, jadi tercipta formulasi kimiawi yang menghasilkan tipe bawang hitam dengan kandungannya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk menjaga kesehatan tubuh dan vitalitas tubuh.

Manfaat Bawang Hitam


Dengan kata lain black garlic alias bawang hitam adalah bawang putih yang difermentasikan dalam waktu yang lama jadi daging buahnya menjadi berwarna hitam, dengan mempunyai tekstur yang lembut, kenyal dan gurih dan rasanya yang agak manis.

Kegunaaan bawang hitam ini telah sangat terkenal di beberapa belahan dunia, salah satunya adalah Thailand. Di negara ini, bawang hitam telah dijadikan sebagai obat herbal alamiah yang berkegunaaan untuk menjaga stamina tubuh dan dijadikan sebagai obat kuat.

Manfaat Bawang Hitam

Bahkan pada tahun 2008, bawang hitam sempat memenangi kontes di New York, Amerika Serikat sebagai bahan alteratif untuk kesehatan dan tambahan bahan makanan. Bawang hitam ini telah tidak sedikit dipakai pada masakan kelas atas bahkan telah dipakai oleh koki ternama di beberapa negara pada restoran alias hotel bintang lima.

Kegunaaan Bawang Hitam Untuk Kesehatan


1. Sebagai anti kanker
Kandungan zat kimiawi pada bawang hitam, dipercaya sebagai anti kanker bahkan menghapus penyakit kanker , sebab sanggup menghapus sel-sel penyebab kanker. Dengan kandungan sulfida alil inilah yang tersedia pada bawang hitam sanggup menghapus penyebab kanker.

Pada riset penelitian, kandungan PhIP yang berbentuk HCA alias amina heterosiklik adalah zat yang bisa memicu penyakit kanker semacam kanker payudara. Dari penelitian tersebut ditemukan suatu  zat yang dipakai sebagai karsinogen yang bisa menghambat pertumbuhan PhIP yang menyebabkan penyakit kanker, zat tersebut adalah diallyl sulfida yang tersedia pada bawang hitam. Jadi supaya kamu masih mempunyai badan yang sehat, maka campurkan bawang hitam pada setiap masakan anda.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kegunaaan bawang hitam salah satunya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Suatu  penelitian membuktikan bahwa bawang hitam sanggup menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7% hingga 8%.

3. Untuk menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bawang hitam sanggup menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi bawang hitam dengan cara rutin maka tubuh kamu bakal rutin dalam keadaan yang sehat.

4. Sebagai nutrisi sebab rendah kalori
Kandungan nutrisi dalam bawang hitam sangat tidak sedikit yang berkegunaaan oleh tubuh, semacam per 136 gram bawang hitam mengandung:

  • Vitamin c yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh  setidak sedikit 71%
  • Kalsium yang dipakai untuk memenuhi kebuthan harian tubuh setidak sedikit 25%
  • Zat logam yang berkegunaaan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh setidak sedikit 13%
  • Karbohidrat sejumlah 45 gram yang berkegunaaan untuk memenuhi kebutuhan harian setidak sedikit 15%
  • Serat sejumlah 3 gram yang berkegunaaan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh setidak sedikit 11%
  • Kegunaaan bawang hitam dari kandungan ini bakal sangat diperlukan bagi tubuh. Uniknya lagi, di dalam bawang hitam ini tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh semacam kalori dan lemak jenuh. Jadi kegunaaan bawang hitam sanggup melindungi tubuh dari zat berbahaya yang bakal menyebabkan penyakit dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Sebuah penelitian membuktikan bahwa salah satu kegunaaan bawang hitam adalah sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga 15%. Jadi apabila kamu ingin mempunyai tubuh yang sehat maka dengan cara rutinlah mengkonsumsi bawang hitam. Kandungan dalam bawang hitam ini sanggup menambah produksi hormon insulin yang bakal berkegunaaan untuk menurunkan kadar gula darah.

6. Sebagai antioksidan yang berkegunaaan sebagai antivirus dan anti bakteri
Kandungan bawang hitam yang sangat terkenal adalah berkegunaaan sebagai antioksidan yang pastinya bakal mencegah beberapa sumber penyakit yang dikarenakan oleh racun. Kegunaaan bawang hitam dalam tubuh adalah untuk mencegah pertumbuhan sumber penyakit semacam jamur, virus, bakteri dan cacing yang ada dalam tubuh.

7. Menurunkan berat badan
Penyakit obesitas bisa diatasi dengan bawang hitam, sebab zat anti inflamasi dalam bawang hitam sanggup mengatur lemak dalam tubuh jadi bakal membikin tubuh kamu mempunyai berat badan yang ideal.

8. Menyembuhkan sakit gigi
Kandungan analgesik dalam bawang hitam sanggup menghapus bakteri yang menyebabkan gigi menjadi tidak sehat. Bahkan dengan kandungan zat yang terkandung dalam bawang hitam nini sanggup menghapus sakit gigi sebab sebagai anti bakteri dan antivirus yang bakal melenyapkan segala penyebab sakit gigi.

9. Sebagai metabolisme zat besi
Kandung ferroprotin dalam bawang hitam sanggup menolong mengeluarkan zat logam yang bakal diperlukan oleh protein untuk menambah kinerja sel dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi bawang hitam maka sistem metabolisme dalam tubuh bakal menjadi lancar.

10. Membikin kamu mempunyai umur panjang
Terbukti umur seseorang telah diatur oleh Tuhan, tetapi pastinya dengan tidak sedikitnya kegunaaan yang ditawarkan oleh bawang hitam ini bisa mencegah share penyakit yang selesaiiko menyebabkan kematian, semacam penyakit gula, tekaan darah tinggi, serangan jantung, kanker dan penyakit lainnnya.